IPRIntellectual Property Right

hak-hak yang secara hukum diberikan untuk melindung nilai ekonomi bagi usaha-usaha kreatif.

+ More

PENGERTIAN KEKAYAAN INTELEKTUAL (KI) DAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

Image 01

Kekayaan Intelektual (KI) merupakan kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia melalui curahan pikiran,tenaga, daya cipta,rasa dan karsa yang dapat berupa karya-karya dalam bidang teknologi,sains, seni dan sastra. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah  pengakuan hukum yang memberikan pemegang HKI untuk mengatur penggunaan gagasan-gagasan dan ekspresi yang diciptakannya dalam jangka waktu tertentu. Terminologi Kekayaan Intelektual mengungkapkan bahwa kekayaan intelektual tersebut merupakan hasil kegiatan intelektual, dan seperti bentuk hak milik lainnya Hak Kekayaan Intelektual dapat dilindungi oleh hukum. Hukum yang mengatur KI umumnya bersifat territorial, namun sifat dan cakupan sistem perlindungan HKI adalah universal, artinya hampir semua Negara di dunia termasuk Indonesia mengacu ke sistem tersebut. Cakupan HKI meliputi hak cipta (karya pustaka dan seni serta kekayaan industri (Paten, Merek, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu). Registrasi dan penegakan hukum HKI dilakukan secara terpisah di masing-masing Negara. Akan tetapi, hukum yang berbeda-beda tersebut dari waktu ke waktu semakin diselaraskan dengan berbagai macam  perjanjian-perjanjian internasional misalnya Persetujuan tentang Aspek-aspek Dagang HKI oleh World Trade Organization (WTO) atau 21 buah kesepakatan internasional (6 tentang hak cipta dan 15 tentang kekayaan industri) yang diadministrasikan oleh World Intelectual Property Organization (WIPO) di samping itu ada perjanjian-perjanjian lain yang memungkinkan registrasi KI pada lebih dari satu Negara (yurisdiksi) secara  serempak.

Visi dan Misi

VISI  
Menjadikan pusat intelektual  yang unggul dalam pendampingan guna menciptakan dan mengembangkan usaha yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi bidang penelitian. 

MISI  
Sebagai pusat pelayanan yang mampu mengintegrasikan penelitian dan pengmas dengan  inovasi dan aplikasi keilmuan yang siap untuk pemberdayaan masyarakat dan sebagai pusat konsultasi dan layanan HKI di lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar beserta masyarakat luas.

Tujuan dan Program

TUJUAN 

  1. Meningkatkan jumlah HKI bagi warga Poltekkes Kemenkes Makassar
  2. Hilirisasi produk HKI warga Poltekkes Kemenkes Makassar dengan institusi pengguna. 

PROGRAM

  1. Mengidentifikasi hasil-hasil penelitian dan pengmas yang mempunayi potensi di HKI-kan.
  2. Workshop paten dan pendaftaran HKI.
  3. Membantu produk komersialisasi HKI
  4. Diseminasi secara luas manfaat perlindungan HKI bagi dosen maupun masyarakat 
  5. Membantu pengurusan HKI bagi dosen maupun masyarakat

Menu Utama

Testimonial