Vol. III No. 5

HUBUNGAN MOTIVASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD POSO KABUPATEN POSO

ABSTRAK

            Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan beban kerja terhadap kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Poso Kabupaten Poso.

            Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 66 perawat. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi dengan teknik kuesioner untuk beban kerja dan metode wawancara dengan teknik pengisian kuesioner dalam waktu satu bulan. Data hasil penelitian di analisis secara univariat, bivariat, dan multivariate dengan uji analisis regresi ganda dengan data campuran.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara lama kerja dan motivasi perawat, dan tingkat pendidikan tidak berhubungan dengan motivasi kerja perawat di ruang rawat inap di RSUD Poso. (2) secara statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi perawat, dan beban kerja terhadap kinerja perawat denga kontribusi sebesar 28,9%, sedangkan sisanya sebesar 71,71% dijelaskan oleh faktor lainnya. *3) faktor dominan yang berpengaruh terhadap kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Poso Kabupaten Poso adalah motivasi yang menunjukkan bahwa peningkatan motivasi dapat meningkatkan kinerja perawat, (4) kinerja perawat pada ruang rawat inap RSUD Poso Kabupaten Poso pada umumnya pada kategori sedang. Hal ini tergambar dari kinerja perawat dengan kategori tinggi sebanyak 22 orang (33,33%) kategori sedang sebanyak 38 orang (57,58%), dan kategori rendah sebanyak 6 orang (9,09%).

            Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa umur dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh pada motivasi kerja sedangkan lama kerja berpengaruh terhadap motivasi perawat. Motivasi dan beban kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan untuk perlunya peningkatan motivasi perawat denga meningkatkan lingkungan kerja, penambahan insentif pegawai, penignkatan hubungan dengan rekan kerja, dan peningkatan prestasi kerja. Disamping itu perlu mempertimbangkan beberpa faktor yang mempengaruhi baban kerja selain dari faktor jumlah tenaga dan jumlah pasien.

 

Kata Kunci: motivasi, beban kerja, kinerja perawat

Statistik Pengunjung

400338
Hari iniHari ini423
KemarinKemarin641
Minggu iniMinggu ini2894
Bulan iniBulan ini13287
SemuanyaSemuanya400338
Statistik created: 2014-10-24T14:57:43+07:00
54.226.191.80
UNITED STATES
US
Guests 3
Sedang Online
-

This page uses the IP-to-Country Database provided by WebHosting.Info (http://www.webhosting.info), available from http://ip-to-country.webhosting.info

Alamat Direktorat:
Jl. Bendungan Bili-bili No. 1 Tidung
Makassar, Sulawesi Selatan 90233
      
Jam Kerja:
Senin-Jumat. 8 am sampai 4 pm

Lokasi Direktorat Poltekkes Makassar

Peta disamping kiri akan menuntun Anda arah menuju ke Kantor Direktorat Poltekkes Makassar dengan menggunakan Peta dari Google. Anda dapat merubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelite dengan cara meng-klik tombol Satellite. dengan cara seperti itu Anda akan dapat melihat tampilan citra lebih detail.

Peta ini mungkin akan memperlambat Anda dalam men-Load website Poltekkes ini, tapi karena ini adalah salah satu cara menunjukkan lokasi Poltekkes Makassar secara visual dan interaktif, maka kami menambahkan peta Google ini didalam website.

QR Code

QR Code adalah sebuah barcode Quick Response (seperti yang ditampilkan disebelah kanan) yang biasanya digunakan untuk peralatan seperti hanphone ataupun tablet PC. Penggunaan QR Code sudah mulai digunakan oleh banyak instansi untuk memperkenalkan situs webnya kepada penggunaanya. Gambar QR Code disamping kiri ini adalah QR Code website poltekkes makassar. Untuk cara menggunakan QR code di handphone Nokia, Android, Blackberry, silahkan klik link berikut.  Cara Mengakses QR Code

This site uses encryption for transmitting your passwords. ratmilwebsolutions.com