Edisi III

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS PATTALLASSANG KEC. PATTALLANGSANG KABUPATEN TAKALAR TAHUN 2010

ABSTRAK

 

Pelayanan terhdap kesehatan gigi dan mulut masyarakat di Puskesmas saat ini masih sangat bervariasi, baik di Puskesmas Kabupaten/Kota, amupun yang berada ditingkat Kecamatan seluruh wilayah Indonesia. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab Pemerinrah khususnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkakan/memaksimalkan sumber dana dan sumber daya manusia khususnya tenaga perawat gigi dan dokter gigi di Puskesmas guna memenuhi standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Disamping itu ketersediaan sarana dan prasarana yang baik pula menunjang tercapainya suatu standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang memuaskan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengetahui apakah standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Pattallassang Kab. Takalar Tahun 2010 sudah tercapai atau belum tercapai, mengidentifikasi sumber daya di Puskesmas serta Memperluas pengetahuan teori yang berhubungan dengan standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian adalah metode observasi dengan desain cross sectional secara pengamatan langsung. Obyek penelitian ini adalah pasien yang berkunjung lebih dari satu kali dengan jumlah sampel 20 Orang. Data diperoleh berupa data primer yaitu menggunakan instrument penelitian dalam bentuk kuesioner berupa kepuasan pasien.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Pattallasang sangat memuaskan (90%) dengan memberikan pelayanan kepada pasien di poligigi sebesar (70%). Hal ini bias tercapai karena adanya sinergi antara sarana dan prasarana yang baik serta dukungan penuh oleh tenaga perawat gigi dan dokter gigi serta staf lain yang handal. Adapun kesimpulannya adalah Untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi maka kelengkapan sarana dan prasana serta tenaga kesehatan merupakan hal utama serta Perhatian terhadap pelayanan kesehatan serta mengutamakan kepuasan pasien merupakan hal penting, disertai dengan dukungan dari sumber daya manusianya. Diharapkan di Puskesmas alat-alat pelayanan kesehatan gigi perlu ditingkatkan begitupun dengan ruangan poli gigi harus lebih diperluas agar ruang gerak bias lebih bebas ditinjau dari kunjungan pasien yang banyak serta mengingat pentingnya sarana dan prasana serta pelayanan kesehatan untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan gigi, maka semuanya perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik dari yang ada sekarang dan memberikan kepuasan pada pasien.

Kata Kunci : Standar Pelayanan, Kinerja Perawat/Dokter Gigi

Statistik Pengunjung

379413
Hari iniHari ini550
KemarinKemarin662
Minggu iniMinggu ini1934
Bulan iniBulan ini9594
SemuanyaSemuanya379413
Statistik created: 2014-09-17T21:42:40+07:00
54.234.163.230
UNITED STATES
US
Guests 5
Sedang Online
-

This page uses the IP-to-Country Database provided by WebHosting.Info (http://www.webhosting.info), available from http://ip-to-country.webhosting.info

Alamat Direktorat:
Jl. Bendungan Bili-bili No. 1 Tidung
Makassar, Sulawesi Selatan 90233
      
Jam Kerja:
Senin-Jumat. 8 am sampai 4 pm

Lokasi Direktorat Poltekkes Makassar

Peta disamping kiri akan menuntun Anda arah menuju ke Kantor Direktorat Poltekkes Makassar dengan menggunakan Peta dari Google. Anda dapat merubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelite dengan cara meng-klik tombol Satellite. dengan cara seperti itu Anda akan dapat melihat tampilan citra lebih detail.

Peta ini mungkin akan memperlambat Anda dalam men-Load website Poltekkes ini, tapi karena ini adalah salah satu cara menunjukkan lokasi Poltekkes Makassar secara visual dan interaktif, maka kami menambahkan peta Google ini didalam website.

QR Code

QR Code adalah sebuah barcode Quick Response (seperti yang ditampilkan disebelah kanan) yang biasanya digunakan untuk peralatan seperti hanphone ataupun tablet PC. Penggunaan QR Code sudah mulai digunakan oleh banyak instansi untuk memperkenalkan situs webnya kepada penggunaanya. Gambar QR Code disamping kiri ini adalah QR Code website poltekkes makassar. Untuk cara menggunakan QR code di handphone Nokia, Android, Blackberry, silahkan klik link berikut.  Cara Mengakses QR Code

This site uses encryption for transmitting your passwords. ratmilwebsolutions.com