• Pelatihan Cara Uji Klinik

  • Pelatihan Jurnal Internasional

  • Pengarahan dari Direktur pada saat Pelatihan Epidemiologi

  • Benchmarking Group Student D.III Kebidanan di Bangkok Pattaya 22 April - 02 Mei 2016

  • Interprofessional Collaboration on Global Challenge of Current and Future Infectious Diseases (IC-GCID) 2016

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

H. Hamsir Ahmad *, Rasman**,  dan Sri Rahmadhani***

 *) **) ***) Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan sehingga memerlukan penanganan yang khusus untuk mempertahankan mutunya. Salah satu cara mempertahankan mutunya dengan memberi bahan pengawet untuk menghambat pertumbuhan bakteri yaitu memberikan pengawet alami seperti lengkuas.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh larutan lengkuas (Lenguas galanga) sebagai bahan pengawet dengan berbagai konsentrasi terhadap ikan bandeng ditinjau dari keberadaan jumlah kuman.

Metode penelitian yaitu jenis penelitian bersifat eksperimen yaitu perlakuan pengujian penggunaan lengkuas (Lenguas galanga) sebagai bahan pengawet dengan berbagai konsentrasi dalam menurunkan jumlah kuman pada ikan bandeng.

Hasil penelitian menunjukkan jumlah koloni/gr untuk perendaman ikan bandeng tanpa penambahan lengkuas dengan rata-rata jumlah kuman adalah 345.500 koloni/g. Untuk perendaman dengan penambahan konsentrasi lengkuas 5% memiliki rata-rata jumlah kuman 193.666 koloni/g, konsentrasi 10% jumlah kumannya rata-rata mencapai 140.833 koloni/g. Selanjutnya untuk perendaman dengan penambahan lengkuas 15% rata-rata jumlah kuman yaitu 96.333 koloni/g.

Kesimpulan yang diperoleh adalah jumlah kuman pada ikan bandeng tersebut mengalami penurunan dan memenuhi syarat sesuai Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No. HK. 00.06.1.52.4011 2009 yaitu 5x105. Saran penelitian lebih lanjut mengenai perbandingan kemampuan lengkuas dengan pengawet alami lainnya dalam menghambat mikroorganisme terhadap perendaman ikan bandeng dan uji identifikasi untuk menentukan jenis bakteri yang ada pada ikan.