Edisi ke 17

Studi Tentang Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pada Tenaga Perawat di RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2007

Zaenab

ABSTRAK

Rumah sakit adalah institusi pelayanan masyarakat yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan dengan penggunaan peralatan tekhnologi tinggi, bahan – bahan, dan obat – obatan berbahaya bagi kesehatan untuk tindakan diagnostik. Oleh karena itu, terpaparnya tenaga kesehatan di rumah sakit terhadap bahan – bahan berbahaya dan bibit penyakit mempunyai resiko tinggi terhadap status kesehatan tenaga kesehatan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pemakaian alat pelindung diri (APD) pada tenaga perawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penyajian data yang bersifat deskriptif dengan menggunakan kuesioner melalui observasi yang dilakukan di ruang perawatan Lontara I, II, III dan IV dengan pengambilan sampel secara purposive sample dengan jumlah 40 tenaga perawat untuk memperoleh data mengenai pengetahuan, ketersediaan dan pemakaian APD bagi tenaga perawat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 responden tenaga perawat yang tingkat pengetahuan tentang APD yang dikategorikan baik sebanyak 21 orang dan dikategorikan cukup sebanyak 19 orang, ketersediaan APD dari pihak rumah sakit dikategorikan tidak tersedia secara lengkap, dan pemakaian APD sebanyak 17 orang dikategorikan memakai, sedangkan tidak memakai sebanyak 23 orang.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan  perawat dikategorikan baik, namun masih ada tenaga perawat yang tidak memakai APD dan APD tidak tersedia secara lengkap.

Statistik Pengunjung

442158
Hari iniHari ini596
KemarinKemarin791
Minggu iniMinggu ini4693
Bulan iniBulan ini16555
SemuanyaSemuanya442158
Statistik created: 2014-12-20T15:08:00+07:00
54.163.139.36
UNITED STATES
US
Guests 4
Sedang Online
-

This page uses the IP-to-Country Database provided by WebHosting.Info (http://www.webhosting.info), available from http://ip-to-country.webhosting.info

Alamat Direktorat:
Jl. Bendungan Bili-bili No. 1 Tidung
Makassar, Sulawesi Selatan 90233
      
Jam Kerja:
Senin-Jumat. 8 am sampai 4 pm

Lokasi Direktorat Poltekkes Makassar

Peta disamping kiri akan menuntun Anda arah menuju ke Kantor Direktorat Poltekkes Makassar dengan menggunakan Peta dari Google. Anda dapat merubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelite dengan cara meng-klik tombol Satellite. dengan cara seperti itu Anda akan dapat melihat tampilan citra lebih detail.

Peta ini mungkin akan memperlambat Anda dalam men-Load website Poltekkes ini, tapi karena ini adalah salah satu cara menunjukkan lokasi Poltekkes Makassar secara visual dan interaktif, maka kami menambahkan peta Google ini didalam website.

QR Code

QR Code adalah sebuah barcode Quick Response (seperti yang ditampilkan disebelah kanan) yang biasanya digunakan untuk peralatan seperti hanphone ataupun tablet PC. Penggunaan QR Code sudah mulai digunakan oleh banyak instansi untuk memperkenalkan situs webnya kepada penggunaanya. Gambar QR Code disamping kiri ini adalah QR Code website poltekkes makassar. Untuk cara menggunakan QR code di handphone Nokia, Android, Blackberry, silahkan klik link berikut.  Cara Mengakses QR Code

This site uses encryption for transmitting your passwords. ratmilwebsolutions.com