• Pelatihan Cara Uji Klinik

  • Pelatihan Jurnal Internasional

  • Pengarahan dari Direktur pada saat Pelatihan Epidemiologi

  • Benchmarking Group Student D.III Kebidanan di Bangkok Pattaya 22 April - 02 Mei 2016

  • Interprofessional Collaboration on Global Challenge of Current and Future Infectious Diseases (IC-GCID) 2016

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Iwan, Ambo Dalle, Imran Pashar

 

ABSTRAK

Tuberkulosis Parumerupakanpenyakit infeksi yang menyerang parenkim paru- paru dan disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini sangat mudah sekali dalam penularannya, karena penyebaranya melalui udara. Penyakit tuberkulosis sangat mematikan apabila tidak segera dilakukan penanganan.Mengingat besarnya angka kejadian penyakit tuberkulosis paru di Indonesia  khususnya di Makassar dimana proses penularannya yang sangat mudah dan yang sangat beresiko tertular adalah keluarga terdekat penderita itu sendiri,maka salah satu cara untuk mencegah terjadinya penularan tuberkulosi paru adalah dengan meningkatkan motivasi keluarga dalam hal tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi keluarga dalam pencegahan penularan tuberkulosis paru.  Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian adalah keluarga terdekatdari pasien penderita tuberkulosis paru yang di rawat diRumah Sakit dengan jumlah populasi sebesar 278 orang.Sampel yang diambil sebesar 74 responden yaitu keluarga pasien penderita tuberkulosis paru yang menjaga pasienselama perawatan di Rumah Sakit, penelitian dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2015. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwadari 74 responden, yang mempunyai motivasi tinggi  tentang pencegahan penularan Tuberkulosis Paru yaitu sebanyak 55responden (74,3%),dan selebihnya mempunyai motivasi rendah tentang pencegahan penularan Tuberkulosis Paru sebanyak 19 responden (25,7%).

Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan data awal dalam mengadakan penelitian yang terkait dengan motivasi keluarga dalam pencegahan TuberkulosisParu.

Kata Kunci : Motivasi Keluarga, Pencegahan PenularanTuberkulosis Paru