Edisi ke 20

GAMBARAN METODE PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI RT 03/RW 04 LINGKUNGAN BONTO-BONTOA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Hj. Wahyuni Sahani* dan Risnawati Anwas**

* Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemkes Makassar
**) Jurusan Kesehatan Lingkungan FIK UIN Alauddin Makassar


ABSTRAK

    Fenomena persampahan kini semakin sulit untuk diatasi. Kurangnya perhatian dari pemerintah serta kerjasama dari masyarakat menyebabkan masalah penanganan sampah semakian berlarut-larut. Pada penelitian sebelumnya, persentase sampah yang tidak tertangani sebesar 62,9% dalam kurun waktu satu tahun. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka tidak menutup kemungkinan lingkungan kita akan menjadi gudang sampah. 

Penelitian ini dilaksanakan di RT 03/RW 04 Lingkungan Bonto-bontoa Kelurahan Bonto-bontoa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa untuk mengetahui gambaran metode pengelolaan sampah yang dilakukan oleh rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah survey deskriptif dengan metode pengambilan sampel simple random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga di RT 03/RW 04 Lingkungan Bonto-bontoa dengan sampel sebanyak 65 rumah tangga. Pada setiap rumah tangga yang menjadi sampel, dilakukan pendataan karakteristik sampah yang ditimbulkan serta pengukuran berat masing-masing sampah berdasarkan karakteristiknya. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi tunggal dan dilengkapi dengan naskah sebagai penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sampah yang paling dominan ditimbulkan oleh setiap rumah tangga adalah sisa makanan/sayuran yaitu seberat 183,8 Kg dengan rata-rata seberat 2,83 Kg/rumah tangga. Setelah dianalisis, dari 65 sampel terdapat sebanyak 43 rumah tangga yang menimbulkan sampah dengan berat >0,75Kg/org/hr. Seluruh rumah tangga tidak melakukan pemilahan sampah berdasarkan karakteristiknya dan membuang sampah pada lahan kosong tanpa kegiatan pengolahan dan pengangkutan.
Melihat masih kurangnya perhatian anggota rumah tangga terhadap pengelolaan sampah, maka disarankan kepada pemerintah untuk merencanakan manajemen pengelolaan sampah yang lebih memprioritaskan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan serta giat memberikan pelatihan keterampilan mengolah sampah untuk memberdayakan masyarakat.
.
Kata kunci :.Metode, Pengelolaan, Sampah

Statistik Pengunjung

299986
Hari iniHari ini245
KemarinKemarin360
Minggu iniMinggu ini2156
Bulan iniBulan ini7786
SemuanyaSemuanya299986
Statistik created: 2014-04-19T13:09:47+07:00
54.204.67.26
UNITED STATES
US
Guests 4
Sedang Online
-

This page uses the IP-to-Country Database provided by WebHosting.Info (http://www.webhosting.info), available from http://ip-to-country.webhosting.info

Alamat Direktorat:
Jl. Bendungan Bili-bili No. 1 Tidung
Makassar, Sulawesi Selatan 90233
      
Jam Kerja:
Senin-Jumat. 8 am sampai 4 pm

Lokasi Direktorat Poltekkes Makassar

Peta disamping kiri akan menuntun Anda arah menuju ke Kantor Direktorat Poltekkes Makassar dengan menggunakan Peta dari Google. Anda dapat merubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelite dengan cara meng-klik tombol Satellite. dengan cara seperti itu Anda akan dapat melihat tampilan citra lebih detail.

Peta ini mungkin akan memperlambat Anda dalam men-Load website Poltekkes ini, tapi karena ini adalah salah satu cara menunjukkan lokasi Poltekkes Makassar secara visual dan interaktif, maka kami menambahkan peta Google ini didalam website.

QR Code

QR Code adalah sebuah barcode Quick Response (seperti yang ditampilkan disebelah kanan) yang biasanya digunakan untuk peralatan seperti hanphone ataupun tablet PC. Penggunaan QR Code sudah mulai digunakan oleh banyak instansi untuk memperkenalkan situs webnya kepada penggunaanya. Gambar QR Code disamping kiri ini adalah QR Code website poltekkes makassar. Untuk cara menggunakan QR code di handphone Nokia, Android, Blackberry, silahkan klik link berikut.  Cara Mengakses QR Code

This site uses encryption for transmitting your passwords. ratmilwebsolutions.com