• Pelatihan Cara Uji Klinik

  • Pelatihan Jurnal Internasional

  • Pengarahan dari Direktur pada saat Pelatihan Epidemiologi

  • Benchmarking Group Student D.III Kebidanan di Bangkok Pattaya 22 April - 02 Mei 2016

  • Interprofessional Collaboration on Global Challenge of Current and Future Infectious Diseases (IC-GCID) 2016

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

H. Bahtiar, Ns. Ramlah

Jurusan Keperawata Makassar Poltekkes Makassar

 

 Abstrak

 

Kepuasan layanan yang diharapkan dan dirasakan ditentukan oleh kualitas layanan. Kualitas layanan tersebut terdiri atas daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, dan kehandalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pengguna kartu BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Mangasa Kota  Makassar. Penelitian bersifat survei deskriptif. Sampel penelitian yaitu masyarakat pengguna kartu BPJS yang menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Mangasa dan memenuhi criteria yaitu sebanyak 40 responden. Analisis data secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan dimensi daya tanggap (Responsiveness) sebagian besar masyarakat menyatakan puas (92.5%), berdasarkan dimensi jaminan (Assurance) sebagian besar masyarakat menyatakan puas (85%), berdasarkan dimensi bukti fisik (Tangibles) sebagian besar masyarakat menyatakan puas(90%), berdasarkan dimensi empati (Emphaty) sebagian besar masyarakat menyatakan puas (92.5%), berdasarkan dimensi kehandalan (Reliability) sebagian besar masyarakat menyatakan puas (87.5%).

 

Kata kunci        : Kepuasan masyarakat, BPJS Pelayanan kesehatan  Puskesma Mangaa Kota  Makasar