header-int

PKM melakukan deteksi dini dan penyuluhan kanker rahim

Rabu, 18 Des 2019, 12:33:22 WIB - 263 View
Share

Sejumlah dosen Politeknik Kesehatan Makassar kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kali ini melakukan deteksi dini dan penyuluhan kanker rahim.

Tim PKM Poltekkes Makassar yang diketuai Nurlia Naim mengatakan, saat ini penyakit non menular yang cukup mengkhawatirkan bagi masyarakat terutama kaum wanita adalah kanker serviks.

“Penyakit kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah kanker payudara,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, Human Pappiloma Virus (HPV) telah diketahui sebagai penyebab terjadinya kanker serviks, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, infeksi beberapa jenis virus, dan personal hygiene.

Gejala kanker serviks mulai dapat diketahui dengan keluarnya cairan dari jalan lahir (keputihan), contact bleeding (perdarahan sewaktu berhubungan), merasa sakit pada waktu coitus/berhubungan seksual, dan terjadi perdarahan walaupun telah memasuki masa menopause.

Perjalanan penyakit kanker yang sangat lambat, pada stadium awal prakanker sebenarnya dapat diketahui dengan melakukan deteksi dini papsmear. Hal itulah yang mendasari Tim PKM Poltekkes Makassar yang terdiri dari Nurlia Naim, Sitti Hadijah dan Zulfikar Ali Hasan melakukan kegiatan ini.

“Pemeriksaan ini bersifat deskriptif untuk melakukan screening terhadap penyakit kanker serviks pada pasangan usia subur di puskesmas Mamajang Makassar,” jelasnya.

Pengambilan sampel dan penyuluhan dilakukan pada Juli 2019 sebanyak 20 orang. Hasil yang didapatkan dari 20 sampel papsmear adalah Negatif For Intraepithelial Lesion Or Malignancy (NILM). “Artinya bahwa hasil yang didapatkan adalah negatif,” tuturnya.

Namun demikian, lanjut Nurlia, disarankan kepada Puskesmas untuk merencanakan program kerja dengan melaksanakan penyuluhan / sosialisasi mengenai kanker serviks dan melakukan pemeriksaan secara berkala tentang kanker serviks, baik pemeriksaan standar IVA maupun pemeriksaan papsmear.

“Dan untuk masyarakat diharapkan untuk melakukan pemeriksaan dini secara berkala mengenai kanker serviks,” tutupnya.

sumber : pojoksulsel.com

PoltekkesMKS Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar merupakan gabungan dari 8 akademik kesehatan kemenkes yang berdiri pada tahun 2002 di kota Makassar
© 2020 Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Follow Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar : Facebook Twitter Linked Youtube