header-int

PKM Poltekkes Makassar Pantau Kesehatan Janin Pakai Gelang Modifikasi

Jumat, 20 Des 2019, 13:37:46 WIB - 52 View
Share

Pemeliharaan kesehatan anak ditujukan untuk mempersiapkan generasi akan datang yang sehat, cerdas, dan berkualitas serta untuk menurunkan angka kematian anak.

Hal itu jadi landasan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Kesehatan Makassar melakukan pemeriksaan ibu hamil trimester ketiga di Puskesmas Tamalate, Makassar. Tim PKM yang merupakan dosen Poltekkes Makassar, terdiri dari Fitriati Sabur, Afriani dan Citrawati.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang pemantauan kesejahteraan janin pada ibu hamil trimester ketiga dengan menggunakan gelang modifikasi di Wilayah kerja Puskesmas Tamalate Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Dengan cara mengajarkan kepada ibu hamil bagaimana cara pemantauan pergerakan janin yang dilaksanakan melalui proses penyuluhan dan simulasi,” kata Fitriati Sabur.

Langkah-langkah yang ditempuh guna melaksanakan solusi yang dihadapi mitra adalah dengan menentukan sasaran dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Yaitu ibu hamil trimester III yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Tamalate Makassar sebanyak 25 orang.

“Kemudian kami meminta tenaga kesehatan khusunya bidan sebagai mitra kerja untuk memantau upaya yang dilakasanakan Ibu hamil dalam pemantauan Kesejahteraan janinnya (pergerakannya) dengan menggunakan Gelang Modifikasi,” jelasnya.

Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan menggambarkan bahwa Secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pemantauan kesejahteraan janin pada ibu hamil trimester III dapat dikatakan berhasil.

“Keberhasilan ini diukur dari keempat komponen yakni Keberhasilan target jumlah peserta sebanyak 35 orang, pemahaman materi yang diberikan, dan kepuasan peserta setelah mengikuti kegiatan. Manfaat yang diperoleh oleh ibu hamil adalah dapat melakukan perhitungan pergerakan janin serta mampu mendeteksi dini jika terjadi gangguan kesejahteraan janin,” pungkasnya.

 

sumber : pojoksulsel

PoltekkesMKS Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar merupakan gabungan dari 8 akademik kesehatan kemenkes yang berdiri pada tahun 2002 di kota Makassar
© 2020 Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Follow Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar : Facebook Twitter Linked Youtube