Poltekkes Kemenkes Makassar Ambil Bagian pada Program Afirmasi Nakes

Kementerian Kesehatan RI memiliki perhatian serius terhadap ketersediaan Tenaga Kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK). Salah satu program yang berjalan selama ini ialah Program Nusantara Sehat.

Dalam rangka memaksimalkan tersedianya Tenaga Kesehatan di DTPK atau DBK, selain Program Nusantara Sehat, Kementerian Kesehatan juga membuat program Afirmasi Calon Tenaga Kesehatan. Program ini membidik mahasiswa yang saat ini kuliah di Poltekkes Kemenkes RI yang ditunjuk dan berasal dari DTPK atau DBK seluruh Indonesia, mereka nantinya akan ditugaskan kembali ke daerah masing-masing dan mengabdi di pelayanan kesehatan.

Meskipun Konsep afirmasi tersebut masih terus dimatangkan, akan tetapi untuk tahap awal telah dilakukan identifikasi mahasiswa yang saat ini duduk di semester 4 (Diploma III) atau semester 6 (Sarjana terapan) yang berasal dari DTPK atau DBK

Poltekkes Kemenkes Makassar menjadi salah satu Poltekkes Kemenkes RI yang ditunjuk untuk menjalankan program afirmasi. Jurusan yang masuk ke dalam program tersebut antara lain Jurusan Analis Kesehatan, Gizi, Farmasi, Fisioterapi, Keperawatan Gigi dan Kesehatan Lingkungan.

Mahasiswa yang berhak mengikuti program ini ialah mahasiswa Pltekkes kemenkes Makassar yang berasal dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, NTT dan Sulawesi Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *